Minggu, 31 Januari 2010

Dinas Jaga 2


COLREG 72’b.
DINAS JAGA
1.      a.Tunjukkan mengenai tanggung jawab untuk memenuhi aturan2 seperti yang ditentukan dlm aturan 2
Jawab:
- Dalam aturan 2a setiap kpl harus mengikuti aturan2 dalam colreg karena tidak satupun yg bebas dari tanggung jawab.
- Dalam aturan 2b setiap kapal dapat menyimpang dari aturan ini. Apabila keadaan memaksa.
b. Apa yg dimaksud dengan kecepatan aman
Jawab:
Suatu kecepatan kapal yg dapat mengambil tindakan yang layak dan effeiktif untuk menghindari bahaya tubrukan dan dapat berhenti dlm jarak sesuai dgn kondisi dan keadaan yang ada.
2.      Unsur2 apa saja yg ikut menentukan tinggi rendahnya kecepatan aman:
Jawab:
- Keadaan penglihatan.
- Kepadatan lalulintas.
- Kemampuan olah gerak.
- Sarat kapal.
- Keadaan angin, laut , arus & bahaya navigasi.
- Cahaya latar belakang pada malam hari.
3.      Dalam kondisi2 yang bagaimana anda berlayar dgn kecepatan aman.
Jawab.
- Alur pelayaran sempit.
- Tampak terbatas.
- Berlayar di daerah TSS.
c. Tunjukkan penerangan2 apa saja yg harus dan boleh diperlihatkan pada malam hari oleh sebuah kapal ikan dgn panjang 45 mtr. Sedang memukat atau trawling.
Jawab:
- Dua lampu bersusun tegak yg diatas hijau dan yg dibawah putih.
4.      Jelaskan apa saja yg harus dilakukan oleh perwira jaga,khususnya dalam hubungan dengan :
a.Pencegahan Bahaya Kandas
Jawab :
- Memberi Merkah pada bahaya2 navigasi (No go area),
- Penentuan posisi kapal secara teratur dan tepat,
- Perwira navigasi harus menguasai alat2 navigasi,
- Peta yg digunakan harus up to date,
- Memperhatikan arus pasang surut daerah setempat.
b. Pencegahan bahaya tubrukan.
Jawab:
- Melakukan pengamatan sekeliling kapal,
- Apabila mengadakan penyusulan kapal lain,maka kita harus menyimpang kapal lain yg disusul,
- Pada siang hari melihat kapal lain segaris atau hamper segaris dgn kapal kita,atau pada malam hari melihat kedua lampu lambung kapal lain,maka kita harus menghindar dgn perubahan haluan yg cukup besar,tegas dalam waktu yg cukup dini.
- Apabila kita melihat lampu merah kapal lain dilambung kanan,maka kita harus menyimpang pada jarak yg aman.

Pencegahan Pencemaran 1
5.      a. Lukislah dampak dari kerusakan lingkungan yg dpt diakibatkan oleh pencemaran minyak dilaut.
Jawab :
- Kerusakan pada Biodata laut,
- Kerusakan pada terumbu karang/pantai,
- Tumpahan minyak tersebut sangat sulit utk dinetralisir dan membutuhkan waktu lama dan biaya tinggi,
- Efek tumpahan minyak terhadap manusia dengan adanya kontak fisik/penghirupan uap minyak,terkomsumsinya sea food yg tercemar.
b. Jelaskan tindakan2 apa saja yg secara operasional dpt dilakukan oleh pihak kapal utk meminimalisasikan pencemaran oleh bahan2 pencemaran laut serta berikan keterangan2 secukupnya.
Jawab :
1. Tidak membuang minyak didalam Special Area seperti Laut mediteranean, Laut Baltic,Laut hitam,Laut Merah,
2. Lokasi pembuangan lebih dari 50 mil laut dari daratan,
3. Pembuangan dilakukan waktu kapal berlayar,
4. Tidak membuang lebih dari 30 ltr/mil,
5. Tidak membuang lebih besar dari 1:30.000 dari jumlah muatan,
6. Tanker harus dilengkapi dgn oil discharge monitoring (odm) dgn control systemnya,
7. Sisa2 dari campuran minyak diatas kapal dari kamar mesin harus dikumpulkan ditanki slop tanks,kemudian dibuang ke tanki darat.Peralatan ini berlaku utk kapal ukuran 400 GRT keatas.

Bridge Team Management 1
6.      a. Jelaskan mengenai tujuan2 yg hendak dicapai oleh BTM.
Jawab :
1. Untuk meningkatkan / memastikan keamanan dan keselamatan navigasi, kapal,jiwa dan harta benda dilaut,
 2. Tiba dipelabuhan tujuan dgn tepat waktu,
3. Untuk menghindari konsekuensi kehilangan total yg dpt terjadi,bila tubrukan terjadi atau kandas,
4. Untuk menjaga atau melindungi lingkungan laut dari pencemaran.
b. Sebutkan apa saja elemen2 yg termasuk didalam BTM tersebut.
Jawab :
- Pimpinan sebagai pemberi semangat,
- Team work : Setiap pekerjaan harus dpt dikerjakan secara gotong royong hingga cepat selesai,
- Peralatan2 dianjungan : harus dpt mendukung pelayaran sehingga kapal bias dgn selamat sampai ditempat tujuan dan apabila peralatan rusak segera diganti,
- SDM : Harus Professional dan mempunyai peralatan yg cukup pada setiap keadaan yg diperlukan,
- Prosedure : Segala sesuatunya harus ada tata caranya.
7.      Dalam STCW code mengenai asas pokok tentang navigasi
a. jelaskan Mengenai asas ttg navigasi
jawab:
1. Membuat rancangan pelayaran,dimana grs haluan di teliti sblm perjalanan di mulai.
2. selma jaga laut check haluan,posisi,kec. Kpl,alat2 navigasi di check secara berkala untk meyakinkan kpl berlayar sesuai haluan yg di tetapkan.
3. mualim jaga paham benar lokasi dan pengunaan semua peralatan navigasi
4. mualim jaga tdk di bebani tgs lain yg mengganggu keselamatan navigasi kpl.
b. Jelaskan mengenai asas tentang peralatan navigasi.
Jawab:
1. perwira jaga harus menggunakan alat2 navigasi secara efektif mungkin sesuai dgn kebutuhannya
2. apabila menggunakan radar pwa jaga hrs perlu mengingat aturan penggunaan radar sesuai dgn p2tl.
3. pwa jaga tdk perlu ragu2 untuk menggunakan mesin dan isyarat bunyi jika memerlukannya.
c. jelaskan mengenai asas ttg pencegahan pencemaran lingkungan laut
jawab:
- nakhoda dan pwa jaga hrs memperhatikan secara serius dampak dari polusi terhadap lingkungan laut dan melakukan pencegahan. khusussnya dlm kerangka memenuhi aturan2 yg berlaku.
8.      Apa saja yg hrs dilakukan PWA jaga, khususnya dlm hubungan Degan :
a. Pencegahan Bahaya Kandas
Jawab :
- Memberi Merkah pada bahaya2 navigasi (No go area),
- Penentuan posisi kapal secara teratur dan tepat,
- Perwira navigasi harus menguasai alat2 navigasi,
- Peta yg digunakan harus up to date,
- Memperhatikan arus pasang surut daerah setempat.
b. Pencegahan bahaya tubrukan.
jawab:
- Melakukan pengamatan sekeliling kapal,
- Apabila mengadakan penyusulan kapal lain,maka kita harus menyimpang kapal lain yg disusul,
- Pada siang hari melihat kapal lain segaris atau hamper segaris dgn kapal kita,atau pada malam hari melihat kedua lampu lambung kapal lain,maka kita harus menghindar dgn perubahan haluan yg cukup besar,tegas dalam waktu yg cukup dini.
- Apabila kita melihat lampu merah kapal lain dilambung kanan,maka kita harus menyimpang pada jarak yg aman.
c. Apakah yg termasuk dlm keadaan khusus.
Jawab:
1. Navigasi dlm jarak pandang terbatas
maksudnya : navigasi didalam cuaca menghalangi jarak pandang sampai 3 mil atau kurang
2.Navigasi didalam cuaca buruk
maksudnya : navigasi dg keadaan laut da cuaca berkekuatan angin lebih dari skala beaufort 6 da tinggi ombak lebih dari 5 meter.
3.Navigasi didalam alur pelayaran sempit, perairan yg ramai dan “traffic separation schemes.
maksudnya : navigasi di daerah laut atau pelabuhan dimana terdapat keadaan yg dimaksud diatas.
d. Mengapa kapal2 hrs menjauhi semua kpl penyapu ranjau yg sedang bertugas ? 2 alasan.
Jawab:
1. Bahwa adalah berbahaya bagi kpl kpl lain untuk mendekatinya dlm jarak kurang dr 1.000 mtr di belakangnya atau 500 mtr pd tiap sisi kpl penyapu ranjau itu.
2. Karena kerjanya kpl tsb menjadi terbatas kemampuan Ognya dan tdk dpt menyimpangi kpl lain sesui dgn aturan yg ada utk menghindari tubrukan.

Bridge Team Management 2
9.      a. Jelaskan mengenai tujuan2 yg hendak dicapai oleh BTM.
Jawab :
1. Untuk meningkatkan/memastikan keamanan dan keselamatan navigasi,kapal,jiwa dan harta benda dilaut,
2. Tiba dipelabuhan tujuan dgn tepat waktu,
3. Untuk menghindari konsekuensi kehilangan total yg dpt terjadi,bila tubrukan terjadi atau kandas,
4. Untuk menjaga atau melindungi lingkungan laut dari pencemaran.
b. Sebutkan apa saja elemen2 yg termasuk didalam BTM tersebut.
Jawab :
- Pimpinan sebagai pemberi semangat,
- Team work : Setiap pekerjaan harus dpt dikerjakan secara gotong royong hingga cepat selesai,
- Peralatan2 dianjungan : harus dpt mendukung pelayaran sehingga kapal bias dgn selamat sampai
- ditempat tujuan dan apabila peralatan rusak segera diganti,
- SDM : Harus Professional dan mempunyai peralatan yg cukup pada setiap keadaan yg diperlukan,
- Prosedure : Segala sesuatunya harus ada tata caranya.
P2TL :
10.  a. Bilamanakah atr.19. didlm P2TL itu diberlakukan ?
Jawab:
- Berlaku bagi semua kpl yg tidak saling melihat satu sama lain (dlm daerah tampak terbatas)
b. Tindakan2 apa yg dpt dilakukan agar dpt berlayar dgn aman dlm memberlakukan atr.19 P2TL ?
Jawab:
- Bergerak dgn kecepatan aman.
- Lakukan pengamatan keliling.
Deteksi kpl2 sekeliling dgn radar.
- Standby engine
- Hidupkan lampu2 navigasi
- Hrs membunyikan isy. Kabut sesuai atr. 35
c. Jelaskan perbedaan kec.Aman seperti yg diatur dlm aturan 6 dgn atr.19 P2TL itu!
Jawab:
- Menurut aturan. 6 : Sehubungan kecepatan aman berlaku aturan. 5, 7, 8 , mengenai pengamatan, resiko tubrukan, tindakan utk menghindari tubrukan.
- Menurut aturan. 19 : Menitik beratkan utk memperhitungkan keadaan dlm penglihatan tampak terbatas.
11.  Jelaskan apa saja yg harus dilakukan oleh perwira jaga,khususnya dalam hubungan dengan :
a.Pencegahan Bahaya Kandas
Jawab :
- Memberi Merkah pada bahaya2 navigasi (No go area),
- Penentuan posisi kapal secara teratur dan tepat,
- Perwira navigasi harus menguasai alat2 navigasi,
- Peta yg digunakan harus up to date,
- Memperhatikan arus pasang surut daerah setempat.
b. Pencegahan bahaya tubrukan.
Jawab:
- Melakukan pengamatan sekeliling kapal,
- Apabila mengadakan penyusulan kapal lain,maka kita harus menyimpang kapal lain yg disusul,
- Pada siang hari melihat kapal lain segaris atau hamper segaris dgn kapal kita,atau pada malam hari melihat kedua lampu lambung kapal lain,maka kita harus menghindar dgn perubahan haluan yg cukup besar,tegas dalam waktu yg cukup dini.
- Apabila kita melihat lampu merah kapal lain dilambung kanan,maka kita harus menyimpang pada jarak yg aman.

Pencegahan Pencemaran 2
12.  a. Lukislah dampak dari kerusakan lingkungan yg dpt diakibatkan oleh pencemaran minyak dilaut.
Jawab :
1. Kerusakan pada Biodata laut,
2. Kerusakan pada terumbu karang/pantai,
3. Tumpahan minyak tersebut,sangat sulit utk dinetralisir dan membutuhkan waktu lama dan biaya tinggi,
4. Efek tumpahan minyak terhadap manusia dengan adanya kontak fisik/penghirupan uap minyak,terkomsumsinya sea food yg tercemar.
b. Jelaskan tindakan2 apa saja yg secara operasional dpt dilakukan oleh pihak kapal utk meminimalisasikan pencemaran oleh bahan2 pencemaran laut serta berikan keterangan2 secukupnya.
Jawab :
- Tidak membuang minyak didalam Special Area seperti Laut mediteranean,Laut Baltic,Laut hitam,Laut Merah,
- Lokasi pembuangan lebih dari 50 mil laut dari daratan,
- Pembuangan dilakukan waktu kapal berlayar,
- Tidak membuang lebih dari 30 ltr/mil,
- Tidak membuang lebih besar dari 1:30.000 dari jumlah muatan,
- Tanker harus dilengkapi dgn oil discharge monitoring (odm) dgn control systemnya,
- Sisa2 dari campuran minyak diatas kapal dari kamar mesin harus dikumpulkan ditanki slop tanks,kemudian dibuang ke tanki darat.Peralatan ini berlaku utk kapal ukuran 400 GRT keatas.

Bridge Team Management 3
13.  a. Jelaskan mengenai tujuan2 yg hendak di capai oleh BTM.
Jawab :
1. Untuk meningkatkan / memastikan keamanan dan keselamatan navigasi, kapal,jiwa dan harta benda dilaut,
2. Tiba dipelabuhan tujuan dgn tepat waktu,
3. Untuk menghindari konsekuensi kehilangan total yg dpt terjadi,bila tubrukan terjadi atau kandas,
4. Untuk menjaga atau melindungi lingkungan laut dari pencemaran.

b. Sebutkan apa saja elemen2 yg termasuk didalam BTM tersebut.
Jawab :
1. Pimpinan sebagai pemberi semangat,
2. Team work : Setiap pekerjaan harus dpt dikerjakan secara gotong royong hingga cepat selesai,
3. Peralatan2 dianjungan : harus dpt mendukung pelayaran sehingga kapal bias dgn selamat sampai ditempat tujuan dan apabila peralatan rusak segera diganti,
4. SDM : Harus Professional dan mempunyai peralatan yg cukup pada setiap keadaan yg diperlukan,
5. Prosedure : Segala sesuatunya harus ada tata caranya.

2 komentar:

  1. mas sama saya malah dari SPM....

    intip blog saya oke...SEn...!!

    http://wasimun.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. makasih mas antas info pelajaranya kalo boleh saya ijin share ke teman2 sya

    BalasHapus

tolong berikan komentar atau masukan anda sebagai pelengkap artikel ini, terimakasih atas komentar dan saran anda