Jumat, 29 Januari 2010

Dinas Jaga


DINAS JAGA
Soal no. 1
1.     1.Bridge team management.
a.     a.Apakah tujuan dari bridge team management yang baik.
b.     b.Jelaskan element termasuk dalam bridge team management.

Jawab No. 1
 Tujuan dari Bridge team Management yg baik
*        -untuk meningkatkan dan memasti kan keamanan dan keselamatan navigasi kapal jiwa dan harta benda dilaut.
*        -Tiba dipelabuhan tujuan dgn tepat waktu.
*        -Untuk menghindari konsekwensi kehilangan total yg dpt terjadi.
*        -Untuk menjaga dan melindungi lingkungan laut dari pencemaran .
*        -Kerjasama dan pembagian tugas dan tanggung jawab yang ada diantara perwira deck agar dlm melaksanakan dianjungan dgn disiplin yg tinggi dan penuh tanggung jawab.

1.b. Element element dlm BTM
*        adanya suatu komando
*        kemampuan personil
*        sarana alat navigasi yg tersedia
*        adanya pandu
Soal No. 2
2.     Pencegahan pencemaran.
a.     Lukiskan dampak dari kerusakan lingkungan yg dpt diakibatkan oleh pencemaran minyak dilaut.
b.     Pencemaran dari kapal kapal yang bersifat operasional ataupun akibat karena akibat kecelakaan(accidental)Jelaskan mengenai hal ini secukupnya serta berikan contoh2nya.

Jawab No. 2
2.a. Jangka pendek
*        terhadap binatang laut
*        Burung camar,pinguin,ikan,anjinglaut dll.
*        terhadap tanaman laut:rumput laut ganggang laut
*        thd tempat rekreasi
*        lingkungan pelabuhan dan dermaga Jangka pamjamg: mempengaruhi echo system
2.b. Pencemaran dari kapal yg bersifat opersional adalah:pencemaran minyak kelaut yg disebabkan oleh kelalaian
/kerusakan alat atau kesalahan prosedur didlm pengolahan ataupun dlm pengopersian dr muatan dan bahan2   minyak dikpl berupa bhn bakar atau pun sisa2 got.
Contoh:
*        pembuangan sisa2 tank cleaning
*        pembuangan minyak2 yg berasal dr got dikapal.

Pemcemaran dari kpl yang bersifat accidental/kecelakaan adalah:
Pencemaran minyak kelaut yg disebabkan oleh tubrukan kapal terlebih kpl tanker dan muatan curah berbahaya.
Contoh:
Tumpahnya muatan akibat kebocoran tanki yg disebabkan oleh tubrukan kpl.

JAGA LAUT
Soal No. 3
3. Apa saja yang harus dilakukan oleh perwira jaga khususnya dalam hubungan dgn:
a.     Pencegahan bhy terdampar/ kandas
b.     Pencegahan bahaya tubrukan

Jawaban No. 3
3.a. Yang dilakukan utk pencegahan bahaya kandas.
*        -UKC yg cukup sepanjang pelayaran.
*        -Jarak aman dgn bhy navigasi
*        -Posisi merubah haluan yg terkontrol
*        -Saat mengganti peta tdk ditempat bhy navigasi(ada bhy kandas)
*        -Check posisi setiap saat/sesering mungkin
*        -peta yg digunakan peta yg uptodate dan bersekala besar.
3.b. Pencegahan bahaya tubrukan
*        Menguawasi dan memahami peraturan int.untuk mencegah tubrukan dilaut colreg 1972.
*        Bertanggung jawab thd pelaksanaan aturan dlm colreg 1972(aturan 2)
*        Mwelaksanaakan pengamatan keliling(look out ship)yang layak(aturan 5)
*        Menjalankan kpl dgn kecepatan aman (aturan 6)
*        Mengantisipasi dan mendeteksi adanya bhy tubrukan serta mengambil tindakan yg tepat utk menghindari bhy tubrukan).

Colreg 1972

Soal No. 4
4.a. Tunjukan mengenai tanggung jawab utk memenuhi aturan2x seperti yg ditentukan dalam aturan aturan 2
   b.1. Apakah yg dimaksud kecepatan aman
      2. Unsur2x apa saja yg ikut menentukan tinggi rendahnya kecepatan aman.
      3. Dalam kondisi kondisi bgmn anda berlayar dgn kecepatan aman.
  c. Tunjukan penerangan2x apa saja yg hrs dan boleh diperlihatkan pada malam hari oleh sebuah kapal ikan dgn  
      panjang 45m sedang memukat(trawling).

Jawaban No. 4
4.a. Aturan 2 merupakan petunjuk agar mencapai keamanan setinggi mungkin bagi kapal dan org2 serta muatan dlm  ketentuan yg ada dan merupakan ketentuan umum yg berlaku utk semua keadaan ditujukan bagi semua kpl pemilik kpl ,nakhoda,awak kpl,hrs bertanggung jwb melaksanaakan aturan p2tl 72.
4.b.
1. kecepatan aman adalah kecepatan dimana kpl dpt mengambil tindakan yg layak dan effectif utk menghindari tubrukan serta dpt diberhentikan dlm jarak sesui dgn kondisi dan keadaan yg ada.
2. Faktor2 kecepatan aman:
*        -kedaan penglihatan
*        -kepadatan laulintas termasuk pemusatan kpl2 ikan atau kpl lain
*        -kemampuan o.g khususnya yg berhubungan dgn jarak henti dan kemampuan berputar kpl dlm kondisi yg ada.
*        -pada malam hari adanya cahaya latar blkg mis.dari darat atau dari pantulan dari penerangannya sendiri.
*        -Keadaan angin,arus laut dan bhy nav yg ada disekitarnya/
*        -Sarat sehubungan dgn air yg ada.
*        -Pada setiap saat disemua perairan terutama pd kondisi dibawah ini.
3. penglihatan terbatas
*        -perairan sempit
*        -berlayar dibagan oemisah lalu lintas pemisah
*        -berlayar didaerah kepadatan lalu lintas
*        -Disemua tempat/perairan yg dianggap perlu untuk melakukan kecepatan aman.

4.c. Kapal traing kurang dari 45m
*        -memasang dua penerangan keliling bersusun tegak, diatas hijau dibawah putih
*        -peneranbgan buritan
*        -penerangan lambung.
*        -penerangan tiang belakang ,tapi tdk wajib.

5. RADAR PLOTING
Soal No. 5
Diketahui:Data data sbb:
Kpl kita mempunyai haluan 274deg –kecepatan 15,5ktshasil observasi adalah sbb:
08.15     -008deg  -14.4
08.39     -006deg  -10.1
08.53     -004deg  -07.6
diminta:
a. Cpa dan time Cpa
b.1. Haluan dan kecepatan kpl lain(tunjukan pula DRM dan SRM)
   2. Aspect pada jam 08.53
Pada jarak 6mil kpl kita mulai mengambil tindakan utk memperoleh CPA baru 4mil dgn merubah haluan kekanan pada kecepatan konstan/ tetap diminta:
c.Haluan baru.

Jawaban No. 5

ada diploting sheet

DINAS JAGA
Soal No. 6
1.Pencegahan Pencemaran
a.Pencemaran dari kpl2x dpt bersifat operasional ataupun karena akibat kecelakaan. Jelaskan scukupnya serta berikan contoh-contohnya.
b. Jelaskan secara garis besar tindakan2x apa saja yg dpt dilakukan utk meminimalkan pencemaran oleh bahan2 pencemaran laut.

Jawaban No. 6
1a. pencemaran dr kpl yg bersifat opersional adalah: pencemaran minyak kelaut yg disebabkan oleh kelalaian/ kerusakan alat atau kesalahan prosedur didlm pengolahan ataupun dlm pengopersian dr muatan dan bahan2 dminyak dikpl berupa bhn bakar atau pun sisa2 got.
Contoh:
*        pembuangan sisa2 tank cleaning
*        pembuangan minyak2 yg berasal dr got dikapal.

1.b. Cara miminimalkan pencemaran dilaut.
Ø  Pencegahan sesuai Marpol 1973/78
1. penggandaan tanki ballast terpisah Dari cow pada ukuran kpl tanker ditambah dgn peralatan odm,oil sparator dll.
2. Batasan jumlah minyak yg dpt dibuang dilaut
3. Daerah2 pembuangan minyak
4. keharusan pelabuhan khusus minyak utk menyediakan tanki penampungan slop (ballas kotor).

-Penanggulangan
1.membuat contigenti plan regional dan local.
2.Apabila telah tumpah maka dibersihkan dgn cara:
*        menghilangkan minyak secara mekanik
*        diserap dgn absorbent
*        Menenggelamkan minyak
*        dispertant
*        pembakaran.

Soal No. 7
2.Bridge team Management
a.Effisiensi dan effectivas jaga anjungan harus diatur berdasarkan bridge resource management principles.Uraikan mengenai hal ini.
b.Jelaskan pula mengenai elemeen 2x yg termasuk didlm bridge team management.

Jawaban No. 8
8.a. Prinsip organisasi:
1. keselamatan kapal
2. bernavigasi secara aman dan mencegah pencemaran laut.
3. pengelolaan sumber daya manusia
4. pengamatan keliling yg baik
5. mengurangi resiko kesalahan oleh orang perorang.
6. kebijakan bernavigasi yg jelas termasuk prosedur opersional kapal.

8.b. Element element dlm BTM
a. adanya suatu komando
b. kemampuan personil
c. sarana alat navigasi yg tersedia
d. adanya pandu

Soal No.9

9. Jaga Laut

Jelaskan prinsip2x yang harus diperhatikan waktu sdg bertugas jaga khususnya yg berkenaan dgn
a. peralatan navigasi
b. Menyerahkan dan menerima tugas2x jaga.

Jawaban No. 9
9.a. Prinsip yg hrs diperhatikan waktu sdg tugas jaga yg berhubungan dgn peralatan nnavigasi
1. mampu menggunakan alat2 navigasi electronic, jika diperkllukan dan mengetahui segala keterbatasannnya
2. menggunaka setiap kali diperkirakan akan berkurangnya jarak tanpak dan terus menerus poerairan ramai dgn mengetahui segala keterbatasnnya.
3. menggunakan jarak jangkau radar yg memadai dan harus sekalu dirubah secara berkala, shg setiap sasaran dpt dipantau sedini mungkin,
4. melakukan ploting sedini mungkin
5. mengingat bhw sasaran kecil dpt lolos dr penggamatan radar
6. menyadari bahwa perum gema adalah alat yg sangat penting utk navigasi.

9.b. prinsip yg hrs diperhatika waktu serah terima jaga.
*        -Tdk menyerahkan tugas jaga kpd org yg tdk mampu,sakit dll.dlm hal ini nakhoda diber tahu
*        -Pwa pengganti hrs yakin bhw anggotanya benar2 siap/ mampu melaksannakan tugas jaga dgn baik
*        -semua tugas pengganti jaga telah menyesuikan diri dgn kegelapan atau malam hari apbl blm, tdk boleh mengambil alih tugas Jaga.
*        -pwa pengganti yakin ttg berbagai hal yg hrs diketahui:
*        -perintah umum dan khusus dr nkd yg berkaitan dg nav kpl.
*        -posisi,haluan, kecepatan dan draft kpl.
*        -arus cuaca,jarak tampak dan pengaruh thd haluan & kecepatan
*        -Prosedur penggunaan mesin induk,jika system yg digunakan adalah bridge controlutn o.g.
*        -Apbl sdh terima waktu serah terima tetapi sdg menghindari bhy atau sdg mengolah gerak (merubah haluan dan kecepatan) hrs diselesaikan terlebih dulu sampai bhy telah lewat dan o.g telah selesai.

Soal No. 10
10. Colreg 1972.
a. Jelaskan mengenai istilah tata pemisah lalu lintas
b.mengenai kecepatan aman
jelaskan:
1.Apa saja factor2x yg hrs diperhatikan
2.Bagaimana pengaruh penggunaan radar.

10.a. tata pemisah lalulintas adalah sebuah bagan yg memisahkan lalulintas jkpl yg arahnya atau haluan berlawanan atau hampir berlawanan dgn menggunakan sebuah daerah atau sebuah garis pemisah, alur pemisah lalu lintas atau alat lainnya.

10.b. Faktor2 kecepatan aman:
-kedaan penglihatan
-kepadatan laulintas termasuk pemusatan kpl2 ikan atau kpl lain
-kemampuan o.g khususnya yg berhubungan dgn jarak henti dan kemampuan berputar kpl dlm kondisi yg ada.
-pada malam hari adanya cahaya latar blkg mis.dari darat atau dari pantulan dari penerangannya sendiri.
-Keadaan angin,arus laut dan bhy nav yg ada disekitarnya/
-Sarat sehubungan dgn air yg ada.
-Pada setiap saat disemua perairan terutama pd kondisi dibawah ini.

2. pengaruh penggunaan radar
a.Ciri2x effisiensi dan keterbatasan pesawat radar
b.setiap pembatasan yg disebabkan dlm sekala jarak yg digunakan.
c.pengaruh keadaan cuaca, laut dan sumber interferensi lain pada deteksi radar.
d. Kemungkinaan bahwa kapal2x kecil,es dan benda2x terapung lainnya tdk dpt dideteksi oleh radar pd jarak yg cukup.
e. Jumlah, posisi,dan pergerakan kapal2x yg dideteksi oleh radar.
f. Berbagai penilaian penglihatan yg lebih pasti yg mungkin didapat bila radar digunakan untuk menentukan jarak kapal2x atau benda2x lain disekitarnya.

Soal No. 11
11. Radar Ploting.

Hasil pengamatan dgn radar adalah sbb:
Jam
 805
808
811
814
817
820
823
Bar
345
345
345,5
 3445
337
327
308
Jrk
7
6.4
5,75
5
3.9
2,9
2.1

Jika diketahui haluan kpl sendiri:024deg, kecepatan 15 kts
Ditanyakan:
a. jarak cpa dan waktu cpa yg semula
b. haluan dan kecepatan target semula
c. CPA dan waktu yang baru,
d, sikap yg dilakukan oleh target.

Jawaban ada diploting sheet.

Soal No. 12
1.Dalam STCW Code mengenai asas pokok tentang dinas jaga navigasi
a. Jelaskan mengenai asas tentang navigasi
b. Jelaskan mengenai asa tentang peralatan navigasi
c. Jelaskan mengenai asas tentang pencegahan pencemaran lingkungan laut.

Jawaban No. 12
a.     Asas tentang navigasi:
Pengaturan jaga navigasi diatur oleh nakhoda.
-Dibawah pengarahan dan bimbingan nakhoda, para perwira melaksana kan tugas jaga navigasi dan laut bertanggung jawab atas keselamatan pelayaran selama tugas jaga  khususnya pencegahan tubrukan dan kandas.

b.     Asas tentang peralatan navigasi??

c. Asas tentang pencegahan pence maran lingkungan laut:
-Setiap anggota tugas jaga harus memahami dan menyadari sepenuhnya akibat yg timbul apabila terjadi pencemaran.
-Untuk itu harus mengambil setiap tindakan pencegahan terhadap terjadinya pencemaran
-tindakan pencegahan mengacu pada peraturan internasional dan peraturan nasional/setempat yg berlaku.

Soal No. 13
Apa saja yang harus dilakukan perwira jaga, khususnya dalam hubungan dgn:
a. Pencegahan bahaya kandas
b. Pencegahan bahaya tubrukan
c. Apakah yg termasuk dalam keadaan khusus itu.

Jawaban No. 13
a. Yang dilakukan utk pencegahan bahaya kandas.
-UKC yg cukup sepanjang pelayaran.
-Jarak aman dgn bhy navigasi
-Posisi merubah haluan yg terkontrol
-Saat mengganti peta tdk ditempat bhy navigasi(ada bhy kandas)
-Check posisi setiap saat/sesering mungkin
-peta yg digunakan peta yg uptodate dan bersekala besar.

b. Usaha untuk mencegah bhy Tubrukan:
-Menguawasi dan memahami peraturan int.untuk mencegah tubrukan dilaut colreg 1972.
-Bertanggung jawab thd pelaksanaan aturan dlm colreg 1972(aturan 2)
-Mwelaksanaakan pengamatan keliling(look out ship)yang layak(aturan 5)
-Menjalankan kpl dgn kecepatan aman (aturan 6)
-Mengantisipasi dan mendeteksi adanya bhy tubrukan serta mengambil tindakan yg tepat utk menghindari bhy tubrukan).

c. Yang termasuk dlm keadaan khusus adalah:
-Kapal yg sedang berlayar wajib menghindari kapal yg sedang berlabuh jangkar.
-seorang nakhoda diharuskan memberi pertolongan kepada orang yg dlm keadaan bahaya
-mendekati kapal induk
-bertemu konvoi kapal perang.

Soal No. 14
a. Jelaskan mengapa setiap kpl hrs menyimpangi / menjauhi kpl induk yg sdg meluncurkan / mendaratkan pesawat terbangnya?
b. Tanda2 apa yg hrs dipasang pd siang hari oleh kpl induk tsb?
c. Mengapa kpl2 hrs menjauhi semua kpl penyapu ranjau yg sdg bertugas? ( sebutkan 2 alasan ).

Jawaban No. 14
a. Karena :
- Kpl induk termasuk kpl yg dianggap terbatas kemampuan Olah geraknya
- Kpl induk sewaktu2 / tiba2 merubah haluannya sesuai perubahan arah angin untuk meluncurkan / mendaratkan pesawat terbang/tempur
b. Tanda2nya : 3 buah sosok benda bersusun tegak ditempat yg kelihatan sebaik2nya, benda yg atas & bawah berbentuk bola, tengah belah ketupat.
c. Karena :
-          Kpl penyapu ranjau termasuk kpl yg terbatas kemampuan OG nya
-          Dlm setiap operasionalnya kpl ini melakukan konvoi & berkelompok 5-6 kpl
Soal No. 15
Haluan kpl sendiri 024deg (sejati) kecepatan 15 knots. Pada layar radar terdapat target sbb:
Waktu        Bar         Jarak
09.00       345.0       7.00 mil
09.06       345.5       5.75 mil
09.09       344.5       5.00 mil
09.12       337.0       3.90 mil
09.18       308.0       2.10 mil
Ditanya :
a.     Waktu & jarak CPA mula2
b.     Haluan & Kecepatan target mula2
c.     Jarak & waktu CPA baru
d.     Tindakan yg dilakukan target

Jawaban  No. 15
Lihat Di Ploting Sheets

Soal No. 16
Pencegahan Pencemaran
a.     Lukiskan dampak dr kerusakan lingkungan yg dpt diakibatkan oleh pencemaran minyak dilaut.
b.     Pencemaran dr kpl2 yg dpt bersifat operasional / krn akibat kecelakaan ( accidental ). Jelaskan mengenai hal ini secukupnya serta berikan contoh2nya.

Jawaban No. 16
a. Jangka pendek
-          terhadap binatang laut
-          Burung camar, pinguin,ikan,anjinglaut dll.
-          terhadap tanaman laut:rumput laut ganggang laut
-          thd tempat rekreasi
-          lingkungan pelabuhan dan dermaga
-          Jangka pamjamg: mempengaruhi echo system
b. pencemaran dr kpl yg bersifat opersional adalah:pencemaran minyak kelaut yg disebabkan oleh kelalaian /kerusakan alat atau kesalahan prosedur didlm pengolahan ataupun dlm pengopersian dr muatan dan bahan2 dminyak dikpl berupa bhn bakar atau pun sisa2 got.
Contoh:
-          pembuangan sisa2 tank cleaning
-          pembuangan minyak2 yg berasal dr got dikapal.

Pemcemaran dari kpl yang bersifat accidental/kecelakaan adalah:
Pencemaran minyak kelaut yg disebabkan oleh tubrukan kapal terlebih kpl tanker dan muatan curah berbahaya.
Contoh:
ü  Tumpahnya muatan akibat kebocoran tanki yg disebabkan oleh tubrukan kpl.

DINAS JAGA
Soal No. 17
COLREG 72
a.     Tunjukan mengenai tanggung jawab utk memenuhi aturan2x seperti yg ditentukan dalam aturan aturan 2
b.      
Ø  Apakah yg dimaksud kecepatan aman
Ø  Unsur2x apa saja yg ikut menentukan tinggi rendahnya kecepatan aman.
Ø  Dalam kondisi kondisi bgmn anda berlayar dgn kecepatan aman.
c. Tunjukan penerangan2x apa saja yg hrs dan boleh diperlihatkan pada malam hari oleh sebuah kapal ikan dgn panjang 45m sedang memukat(trawling).

Jawaban No. 17
a.     Aturan 2 merupakan petunjuk agar mencapai keamanan setinggi mungkin bagi kapal dan org2 serta muatan dlm ketentuan yg ada dan merupakan ketentuan umum yg berlaku utk semua keadaan ditujukan bagi semua kpl pemilik kpl ,nakhoda,awak kpl,hrs bertanggung jwb melaksanaakan aturan p2tl 72.
 b.
Ø  kecepatan aman adalah kecepatan dimana kpl dpt mengambil tindakan yg layak dan effectif utk menghindari tubrukan serta dpt diberhentikan dlm jarak sesui dgn kondisi dan keadaan yg ada.
Ø  Faktor2 kecepatan aman:
-          kedaan penglihatan
-          kepadatan laulintas termasuk pemusatan kpl2 ikan atau kpl lain
-          kemampuan o.g khususnya yg berhubungan dgn jarak henti dan kemampuan berputar kpl dlm kondisi yg ada.
-          pada malam hari adanya cahaya latar blkg mis.dari darat atau dari pantulan dari penerangannya sendiri.
-          Keadaan angin,arus laut dan bhy nav yg ada disekitarnya/
-          Sarat sehubungan dgn air yg ada.
-          Pada setiap saat disemua perairan terutama pd kondisi dibawah ini.
Ø  penglihatan terbatas
-          perairan sempit
-          berlayar dibagan oemisah lalu lintas pemisah
-          Berlayar didaerah kepadatan lalu lintas
-          Disemua tempat/perairan yg dianggap perlu untuk melakukan kecepatan aman.

c. Kapal traing kurang dari 45m
Ø  memasang dua penerangan keliling bersusun tegak, diatas hijau dibawah putih
Ø  peneranbgan buritan
Ø  -enerangan lambung.
Ø  penerangan tiang belakang ,tapi tdk wajib.

JAGA LAUT
Soal No. 18
Apa saja yang harus dilakukan oleh perwira jaga khususnya dalam hubungan dgn:
a. Pencegahan bhy terdampar/ kandas
b. Pencegahan bahaya tubrukan

Jawaban No. 19
a. Yang dilakukan utk pencegahan bahaya kandas.
Ø  UKC yg cukup sepanjang pelayaran.
Ø  Jarak aman dgn bhy navigasi
Ø  Posisi merubah haluan yg terkontrol
Ø  Saat mengganti peta tdk ditempat bhy navigasi(ada bhy kandas)
Ø  Check posisi setiap saat/sesering mungkin
Ø  Peta yg digunakan peta yg uptodate dan bersekala besar.
b.
Ø  Mengawasi dan memahami peraturan int.untuk mencegah tubrukan dilaut colreg 1972.
Ø  Bertanggung jawab thd pelaksanaan aturan dlm colreg 1972(aturan 2)
Ø  Mwelaksanaakan pengamatan keliling(look out ship)yang layak(aturan 5)
Ø  Menjalankan kpl dgn kecepatan aman (aturan 6)
Ø  Mengantisipasi dan mendeteksi adanya bhy tubrukan serta mengambil tindakan yg tepat utk menghindari bhy tubrukan).

RADAR PLOTING
Soal No. 19
Diketahui:Data data sbb:
Kpl kita mempunyai haluan 274deg –kecepatan 15,5ktshasil observasi adalah sbb:
08.16     -008deg  -14.4
08.40     -006deg  -10.1
08.54     -004deg  -07.6
diminta:
a. Cpa dan time Cpa
b.
Ø  Haluan dan kecepatan kpl lain(tunjukan pula DRM dan SRM)
Ø  Aspect pada jam 08.53
Pada jarak 6mil kpl kita mulai mengambil tindakan utk memperoleh CPA baru 4mil dgn merubah haluan kekanan pada kecepatan konstan/ tetap diminta:
Ø  Haluan baru.

Jawaban  No. 19

ada diploting sheet


PENCEGAHAN PENCEMARAN
Soal No. 20
a. Jelaskan dampak dari kerusakan lingkungan yg dpt diakibatkan oleh pencemaran minyak dilaut.
b. Pencemaran dari kapal kapal yang bersifat operasional ataupun akibat karena akibat kecelakaan(accidental)Jelaskan mengenai hal ini secukupnya serta berikan contoh2nya.

Jawaban No.20
a. Jangka pendek
-          terhadap binatang laut
-          Burung camar,pinguin,ikan,anjinglaut dll.
-          Terhadap tanaman laut:rumput laut ganggang laut
-          Thd tempat rekreasi
-          Lingkungan pelabuhan dan dermaga
Jangka pamjamg: mempengaruhi echo system
b.     Pencemaran dr kpl yg bersifat opersional adalah:pencemaran minyak kelaut yg disebabkan oleh kelalaian /kerusakan alat atau kesalahan prosedur didlm pengolahan ataupun dlm pengopersian dr muatan dan bahan2 dminyak dikpl berupa bhn bakar atau pun sisa2 got.
Contoh:
ü  -pembuangan sisa2 tank cleaning
ü  -pembuangan minyak2 yg berasal dr got dikapal.

Pemcemaran dari kpl yang bersifat accidental/kecelakaan adalah:
Pencemaran minyak kelaut yg disebabkan oleh tubrukan kapal terlebih kpl tanker dan muatan curah berbahaya.
Contoh:
ü  Tumpahnya muatan akibat kebocoran tanki yg disebabkan oleh tubrukan kpl.

BRIDGE TEAM MANAGEMENT
Soal No. 21
a. Apakah tujuan dari bridge team management yang baik.
b. Jelaskan element termasuk dalam bridge team management.

Jawaban No. 21
a. Tujuan Dari Bridge Team Management Yg Baik
-          Untuk meningkatkan dan memasti kan keamanan dan keselamatan navigasi kapal jiwa dan harta benda dilaut.
-          Tiba dipelabuhan tujuan dgn tepat waktu.
-          -Untuk menghindari konsekwensi kehilangan total yg dpt terjadi.
-          Untuk menjaga dan melindungi lingkungan laut dari pencemaran .
-          Kerjasama dan pembagian tugas dan tanggung jawab yang ada diantara perwira deck agar dlm melaksanakan dianjungan dgn disiplin yg tinggi dan penuh tanggung jawab.

b. Element element dlm BTM
-          adanya suatu komando
-          kemampuan personil
-          sarana alat navigasi yg tersedia
-         adanya pandu

DINAS JAGA
Soal No. 22
Mengenai Kecepatan aman
a.         Alasan diadakan aturan kecepatan aman?
b.         Mengapa factor keadaan penglihatan diperhitungkan dlm menentukan penglihatan aman
c.         Olah kpl bgmn & kpn kecepatan aman itu dilakukan?

a. Alasan diadakan aturan kecepatan aman adalah :
Ø  kecepatan aman adalah kecepatan dimana kpl dpt mengambil tindakan yg layak dan effectif utk menghindari tubrukan serta dpt diberhentikan dlm jarak sesui dgn kondisi dan keadaan yg ada.
Ø  Faktor2 kecepatan aman:
-          kedaan penglihatan
-          kepadatan laulintas termasuk pemusatan kpl2 ikan atau kpl lain
-          kemampuan o.g khususnya yg berhubungan dgn jarak henti dan kemampuan berputar kpl dlm kondisi yg ada.
-          pada malam hari adanya cahaya latar blkg mis.dari darat atau dari pantulan dari penerangannya sendiri.
-          Keadaan angin,arus laut dan bhy nav yg ada disekitarnya/
-          Sarat sehubungan dgn air yg ada.
-          -ada setiap saat disemua perairan terutama pd kondisi dibawah ini.
Ø  penglihatan terbatas
-          perairan sempit
-          berlayar dibagan oemisah lalu lintas pemisah
-          berlayar didaerah kepadatan lalu lintas
-          Disemua tempat/perairan yg dianggap perlu untuk melakukan kecepatan aman.

b. Krn factor penglihatan berhubungan erat dgn tebalnya kabut, hujan lebat dgn area yg luas merupakan hal yg penting dlm hal pengurangan kecepatan akan tergantung dr kecepatan kapalnya, kekuatan / jarak henti, kepadatan & faktor2 lain.

c. Kecepatan aman dilakukan oeh kpl yg sdg berlayar di :
Ø  Daerah tampak terbatas
Ø  Kepadatan lalulintas
Ø  Perairan dangkal
Ø  Kemampuan olah gerak
Ø  Dalam setiap saat & setiap waktu

Soal No 23
Mengenai Kapal Kandas/Tubrukan
a.     Sebuah kpl panjang 120 m sdg kandas, tiba2 dtg kabut, semboyan apa yg hrs dibunyikan.
b.     Kalau ada kpl lain yg mendekat, boleh membunyikan semboyan lain, semboyan yg bgmn itu & apa arti semboyan tsb bagi kpl yg mendengarnya?

Jawaban No. 23
a.     Kapal kandas panjang 120 M
-          membunyikan isyarat genta dgn cepat selama kurang lebih 5 detik dengan selang waktu tidak lebih dari satu menit.
-          Membunyikan gong setelah genta dibunyikan dengan cepat selama kurang dari 5 detik dibagian belakang kapal.
-          Tiga tiup pendek berturut – turut yakni satu tiup pendek satu tiup panjang satu tiup pendek .
b.     Tiga tiup pendek berturut – turut yakni satu tiup pendek satu tiup panjang satu tiup pendek, artinya hidari saya, kapal saya sedang susah atau tidak dapat dikendalikan/olah gerak

Soal No. 24
a.     Effisiensi dan effectivas jaga anjungan harus diatur berdasarkan bridge resource management principles. Jelaskan mengenai hal ini.
b.     b.Jelaskan pula mengenai elemeen 2x yg termasuk didlm bridge team management.

Jawaban No. 24
a.     Prinsip organisasi:
-          keselamatan kapal
-          bernavigasi secara aman dan mencegah pencemaran laut.
-          pengelolaan sumber daya manusia
-          pengamatan keliling yg baik
-          mengurangi resiko kesalahan oleh orang perorang.
-          kebijakan bernavigasi yg jelas termasuk prosedur opersional kapal.

b.     Element element dlm BTM
-          adanya suatu komando
-          kemampuan personil
-          sarana alat navigasi yg tersedia
-          adanya pandu

Soal No. 24
Mengenai tugas/daftar periksa untuk setiap keadaan
a.       Navigasi pd daerah badai tropis
b.       Sebuah jalur Typhoon 270deg (T) kecepatan 11 knots, kecepatan kpl 10 knots. Berapa Safety Distance & sector aman dr Typhoon
c.       Navigasi di daerah es

a.     Tugas daftar periksa didaerah badai tropis :
check selalau perubahan barometer
check dan ploting berita pergerakan posisi badai melalui weather faximili
check temperatur
check arah dan kekuatan angin.
b.     ……….…..
c.     Navigasi didaerah es :
Ø   beritahu nakhoda
Ø   beritahu kamar mesin agar selalu siap untuk olah gerak.
Ø   tutup smua pintu kedap air.
Ø   keringkan pusat pemadam api di geladak
Ø   jauhkan es yang menumpuk pada sisi atas kapal krn hal ini mempengaruhi
Ø   melakukan pengawasan yang baik
Ø   memasuki masa tegak lurus terhadap tepinya dengan kecepatan rendah kedalam sebuah teluk bukan pada sebuah pantai yang menjorok.
Ø   pertahankan laju kapal
Ø   jika diperlukan kirim pesan bahaya (solas 1974 bab V aturan 2A)
Ø   jika harusmenabrak bongkahan es besar , lakaukan hal ini dengan haluan kapal terlebih dahulu.

Soal No. 25
Haluan kpl sendiri 044deg (T) kecepatan 15 knots. Pada layar radar terdapat target sbb:
Waktu        Bar         Jarak
12.00       005.0       7.00 mil
12.03       005.0       6.00 mil
12.06       005.5       5.75 mil
Pada jam 12.07 target memberitahukan akan mengambil tindakan pd jam 12.10 dgn merubah haluan kekanan sebesar 30deg & mengurangi kecepatan 4 knots.
Ditanyakan :
a.     Waktu & jarak CPA
b.     Haluan & kecepatan target
c.     Jarak & waktu CPA baru




















1 komentar:

  1. Berikan komentar anda tentang artikel ini. saya tunggu masukan anda untuk melengkapi artikel ini untuk menambah kelengkapan matteri ini.
    atas masukan anda saya ucapkan banyak terima kasih..

    BalasHapus

tolong berikan komentar atau masukan anda sebagai pelengkap artikel ini, terimakasih atas komentar dan saran anda